Rasa dan Gaya dalam Penulisan Karya Sastra (Studi pada Mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab IAIN Metro)
Studi Pada Mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab IAIN Metro
DOI:
https://doi.org/10.32332/al-fathin.v4i01.3160Keywords:
Feeling, language style, PoetryAbstract
Penulisan karya sastra memang tidaklah menjadi suatu hal yang mudah terutama untuk mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab sebagai penulis pemula. Saat mengaplikasikan teori sastra ke dalam karya, mereka cenderung menampilkan tulisannya seperti sebuah curhatan di buku diary tanpa memperhatikan adanya gaya bahasa.
Artikel ini bertujuan untuk menemukan rasa dan gaya bahasa yang sering digunakan oleh mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab dalam penulisan karya sastra, serta bagaimana relasi keduanya. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan dua pendekatan. Pendekatan pertama adalah pendekatan objektif yang bertujuan menemukan ragam rasa dalam karya sastra, dan pendekatan ke dua adalah dengan kajian stilistika yang bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis gaya bahasa yang digunakan. Sumber data primer ditujukan pada mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab IAIN Metro, dengan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan observasi partisipatif.
Pada artikel ini, ditemukan bahwa rasa rindu, sedih, dan bahagia lah yang sering muncul dalam penulisan karya sastra mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab IAIN Metro. Selain itu, terkadang muncul pula rasa sayang, bangga, kagum, marah, cemas, terkejut, dan pasrah. Sedangkan dalam penulisan karya sastra, ditemukan bahwa sudah banyak mahasiswa yang mengaplikasikan gaya bahasa dalam puisinya meskipun penerapannya masih minim.
References
Abram, M.H. 1981. A Glossary of Literary Terms. New York: Holt Renehar and Winsto.
al-Akhdari, ‘Abd al-Rahman. T.t. Sharh Jauhar al-Maknun fi al-Ma’ani wa al-Bayan wa all-badi’. Indonesia: Dar Ihya al-‘Arabiyah.
Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Yogyakarta: Rineka Cipta.
Endaswara, Suwardi. 2003. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
Fananie, Zainuddin. 2000. Telaah Sastra. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Ghazala, Hasan Said. 2000. A Dictionary of Stylistic and Rhetoric. Malta: Elga Publication.
Al-Hashimi, Ahmad. 1960. Jawahir al-Balaghah fi all-Ma’ani wa al-Bayan wa al-Badi’, Jakarta: Maktabah Dar Ihya’ al-Kutub al-Arabiyah.
Keraf, Gorys. 1997. Komposisi. Ende Flores Nusa Tenggara Timur: Nusa Indah.
Koentjaraningrat, 1991. ”Metode Wawancara” dalam Koentjaraningrat (ed), Metode Penelitian Masyarakat. cet. II. Jakarta: Gramedia.
Majma’ al-Lughah al’arabiyyah. al-Mu’jam al Wasit. Istambul: Dar al-Da’wah, tt., cet II
Muzakki, Akhmad. 2011.Pengantar Teori Sastra Arab. Malang: UIN-Maliki Press
Qalyubi, Syihabuddin. 2017. Ilm Al-Uslub (Stilistika Bahasa dan Sastra Arab), Yogyakarta: Idea Press, Cet. 2
Wiyatmi. 2006. Pengantar Kajian Sastra, Yogyakarta: Pustaka.
Siswanto, Wahyudi. 2008. Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Grasindo.
Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur Prinsip-Prinsip Dasar Sastra, Bandung: Angkasa, 1993.
Zaenuddin, Mamat. 2006. Keindahan Ungkapan Iltifat dalam al-Qur’an. Bandung: Nuansa Aulia.