FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI KONSUMEN DI SHOPEE DAN TOKOPEDIA
DOI:
https://doi.org/10.32332/adzkiya.v12i1.8024Kata Kunci:
e-Commerce, Product Price, Product Quality, Purchase InterestAbstrak
Fenomena penggunaan internet yang diperkirakan akan terus meningkat dari waktu ke waktu menghadirkan potensi ekonomi baru bagi e-commerce. Salah satu bisnis yang dimiliki oleh Pondok Modern Gontor yang terletak di Kota Ponorogo, Jawa Timur adalah Toko Buku & Alat Tulis La Tansa Gontor yang saat ini juga menggunakan e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen terhadap e-commerce yang digunakan oleh La Tansa. Teori Perilaku Terencana (Theory of Planned Behavior) yang dipopulerkan oleh Icek Ajzen merupakan teori yang digunakan dalam penelitian ini. Hipotesis ini didasarkan pada tiga variabel yang berbeda: sikap perilaku, norma subjektif, dan kontrol perilaku yang dirasakan. Dalam penelitian ini, metode survei deskriptif dipadukan dengan pendekatan kuantitatif. Dengan jumlah sampel sebanyak 358 partisipan, populasi dalam penelitian ini terdiri dari 3.416 pengikut di platform marketplace. Beberapa uji regresi linier digunakan dalam penelitian ini. Skor total 31.038 menunjukkan bahwa aspek harga dan kualitas produk dianggap sangat berpengaruh. Komponen harga produk, salah satu dari dua variabel yang termasuk dalam penelitian, memiliki dampak paling signifikan terhadap minat beli konsumen dengan persentase 66,3%. Sedangkan kualitas produk memiliki pengaruh sebesar 11,48% terhadap minat beli konsumen. Secara keseluruhan, faktor harga produk dan kualitas produk secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat beli konsumen dengan signifikansi 0,05 dan nilai F hitung 293,715 F tabel 3,021, menunjukkan bahwa kedua faktor tersebut berpengaruh