Analisis Perilaku Belanja Online Warga Muhammadiyah Selama Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.32332/adzkiya.v10i01.4437Kata Kunci:
Perilaku Konsumen, Perilaku Belanja Online, Warga MuhammadiyahAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fakitor-faktor yang mempeingaruhi warga Muhammadiyah dalaim belanja onliine pada maisa pandemi Covid-19. Pada penelitian ini di analisis 100 kuesioner yang disebar secara online. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan, kenyamanan, kemudahan, keamanan, kualitas produk, dan harga secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap perilaku belanja atau berarti siginifikan. Besarnya pengaruh secara simultan adalah 0,537 atau 53,7 %. Sedangkan sisanya (100% - 53,7% = 46,3%) dipengaruhi oleh variabel lain diluar persamaan regresi ini atau variabel yang tidak diteliti. Beberapa variabel yang memiliki pengaruh signifikan secara parsial adalah kemudahan memiliiki pengaruh siginifikan secara parsial terhaidap variabiel perilaku belanja online sebesar 0,455 atau 45,5 %, keamanan memiiliki pengaruh signiifikan secara parsial terhadap variiabel perilaku belanja online sebesar 0,300 atau 30 %, kualiitas produk memiliki penigaruh signifikan secara parsiial terhadap variabel perilaku belanja online sebesar 0,488 atau 48,8 %. Beberapa variabel yang tidak memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap perilaku belanja online adalah kepercayaan, kenyamanan dan harga.