Good and Bad Corporate Social Responsibility in Islamic Business Ethics Perspective
DOI:
https://doi.org/10.32332/adzkiya.v11i2.7683Kata Kunci:
Business ; Corporate Social Responsibility; Good and bad Practice; Islamic Business Ethics; Maqasid SyariahAbstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktik tanggung jawab sosial perusahaan yang baik dan buruk jika ditinjau dengan etika bisnis Islam. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan Grounded theory dengan menggunakan sumber data sekunder dimana sumbernya berasal dari beberapa contoh kasus perusahaan di Indonesia yang kemudian dikaji dengan literatur-literatur tentang etika bisnis islam pada khususnya dan ekonomi islam pada umumnya. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan tanggungjawab sosial bisnis yang kurang profesional justru memberikan dampak negatif terhadap perusahaan itu sendiri. Salah satu contoh praktek pelanggaran yang terjadi pada penerapan tanggungjawab sosial perusaahan adalah adanya praktek korupsi dan kebijakan yang hanya memberikan keuntungan bagi beberapa kelompok tertentu. Dalam etika bisnis islam penerapan tanggungjawab sosial perusahaan yang baik bisa mengacu kepada adanya prinsip maqasid syariah, yakni dengan tujuan untuk menjaga agama, jiwa, akal, harta, dan nasab
Keyword:: Bisnis ; Tanggung jawab sosial perusahaan; Praktek yang Baik dan Buruk; Etika Bisnis Islam; Maqasid Syariah