Relevansi Kesadaran Global terhadap Produk Halal Hubungannya dengan Perilaku Ekonomi Masyarakat Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0

Penulis

  • Hisam Ahyani Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung Indonesia ,
  • Haris Maiza Putra ,Sekolah Tinggi Agama Islam AL-Falah Cicalengka, Bandung Indonesia ,
  • Muharir Muharir Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Huda Al-Azhar Banjar Jawa Barat Indonesia ,
  • Naeli Mutmainah Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Huda Al-Azhar Banjar Jawa Barat Indonesia ,
  • Armelia Prakasa Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia ,

DOI:

https://doi.org/10.32332/adzkiya.v11i2.5870

Kata Kunci:

Sadar halal, Ekonomi Syariah, labelisasi dan sertifikasi halal, Era 4.0

Abstrak

Kesadaran Global terhadap Produk Halal Hubungannya dengan Perilaku Ekonomi Masyarakat Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0, dewasa ini sudah menjadi tuntutan zaman yang penyebabnya yakni adanya peluang besar eksis dan berkembangnya industry halal (ekonomi syariah) di Indonesia. Dimana yang menjadi indicator kesadaran produk halal di indonesia adalah perilaku konsumen atau masyarakat non muslim dalam mengkonsumsi produk-produk halal. Penelitian kepustakaan ini diperoleh dari berbagai sumber primer dan sekunder dari berbagai literasi seperti buku, jurnal dan internet. Hasil penelitian membuktikan bahwa relevansi kesadaran global terhadap produk halal hubungannya dengan perilaku ekonomi masyarakat Indonesia di era revolusi industri 4.0 seperti sekarang ini dibuktikan dengan banyaknya potensi daya tarik makanan halal di Indonesia yang memiliki varian tersendiri dalam memenuhi permintaan pasar terhadap produk-produk halal sehingga Indonesia sebagai penduduk Muslim terbesar di dunia patut untuk sadar akan perilakunya dalam mengkonsusmi produk-produk halal yang beredar di pasaran, artinya jangan kalah dengan non muslim dalam mengembangkan produk halal tersebut. Yang tidak kalah penting dalam membentuk kesadaran global terhadap produk halal maka perilaku ekonomi masyarakat Indonesia khususnya di era yang serba digital ini (4.0) sudah seharusnya melakukan pelebelan halal dan sertifikasi halal agar mampu bersaing dengan pangsa pasar.

Diterbitkan

2023-12-20

Cara Mengutip

Relevansi Kesadaran Global terhadap Produk Halal Hubungannya dengan Perilaku Ekonomi Masyarakat Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. (2023). Adzkiya : Jurnal Hukum Dan Ekonomi Syariah, 11(2), 66-81. https://doi.org/10.32332/adzkiya.v11i2.5870

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama