Implementasi E-MarketingProduk Ekonomi Kreatif Di Galeri Payungi Metro

Authors

  • Annisa Nurbani Pasa
  • Alva Yenica Nandavita IAIN Metro

DOI:

https://doi.org/10.32332/adzkiya.v10i01.4489

Keywords:

E-marketing, Ekonomi Kreatif, Galeri Ekonomi Kreatif

Abstract

E-marketing saat inimarak dibicarakan dan mulai diterapkan oleh pelaku bisnis.Termasuk dalam pemasaran produk ekonomi kreatif pada galeri Payungi yang saat ini sedang dikembangkan.Salah satu faktor yang mempengaruhi pengembangan ekonomi kreatifyaitupemahaman dan penerapan strategi promosi pemasaran.Pemilihan media sarana promosi e-marketing yang tepat dan efisien salah satunya yaitu menggunakan media sosial dimana mayoritas masyarakat sekarang menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi e-marketingpada produk ekonomi kreatif yang ada di galeri Payungi berdasarkan pada lima komponen e-marketing.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif.Dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder.e-marketingsebagai media pemasarannya melalui media sosial telah menerapkan  unsur-unsur dalam komponen e-marketingyang meliputi marketingseperti proses, membangun hubungan dengan konsumen, online, pertukaraan, dan pemenuhan kebutuhan kedua pihak. Sehingga implementasi e-marketingproduk ekonomi kreatif pada galeri Payungi bisa dikatakan sudah cukup efektif.Namun masih terdapat kendala dan masih ada komponen yang belum terlaksana.

References

Abdurrozzaq Hasibuan, dkk. E-Business : Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Yayasan Kita Menulis, 2020.
Ahmadi, Candra dan Dadang Hermawan.E-Business & E- Commerce. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET, 2017.
Bambang Suhada. “Kajian Identifikasi & Strategi Pengembangan Produk Ekonomi Kreatif Berbasis Masyarakat Lokal Di Kota Metro.”DERIVATIF: Jurnal Manajemen Vol. 7, No. 1 (2013): 13.
Ernani Hidayati. “Studi Dimensi Hubungan Pemasaran dan Loyalitas Pelanggan Jasa Sektor Perbankan.”Jurnal Dinamika Manajemen Vol. 2, No. 2 (2014): 73.
Jaworski, Bernard J; Fisher, Robert; Paddison Gordon G. Internet Marketing: Building Advantage in a Network Economy. 2nd Edition.Diterjemahkan oleh Mohammad Rafi A. New York: Mcgraw-hill book Co, 2003.
Kristiana, Muhammad Fietroh. “Implementasi Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan.”Jurnal Manajemen Ekonomi dan Bisnis Vol. 4, No. 1 (2021): 4.
KuBisnis. “Belajar Jenis-jenis Internet Marketing.” Diakses 15 Maret 2021. www.kubisnis.com.
Nida Tamami. “PAYUNGI, Pasar Instagramable Kota Metro.” Diakses 25 Februari 2021. https://payungi.org/.
Onny Fitriana Sitorus dan Novelia Utami.Strategi Promosi Pemasaran. Jakarta: FKIP UM Prof. Hamka Press, 2017.
PhilipKotler, Armstrong. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Indeks, 2004.
Presiden RI. “Inpres (Instruksi Presiden Republik Indonesia) Nomor 6 Tahun 2009 Tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif),” t.t. Diakses 11 Februari 2021.
Rini Andriani. “Efektivitas Program Peningkatan Produksi Hasil Petermakan di Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis.”JOM FISIP Vol. 5, No. 2 (2018): 4.
Romarina, Arina. “Economic Resilience Pada Industri Kreatif Guna Menghadapi Globalisasi Dalam Rangka Ketahanan Nasional.”JURNAL ILMU SOSIAL Vol. 15, no. 1 (2016): 35–45.
Simon Kemp. “Digital 2021: Indonesia.” Diakses 14 September 2021. https://datareportal.com.
Tim Prima Pena. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Bandung: Gitamedia Press, 2006.

Downloads

Published

2022-07-28