Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Pendapatan Pada Industri Kriya Souvenir Khas Lampung )

Authors

  • Selvia Nuriasari IAIN Metro Lampung
  • Siti Mahfudzoh IAIN Metro
  • Sukma Sari Dewichan IAIN Metro

DOI:

https://doi.org/10.32332/adzkiya.v9i02.3807

Keywords:

Kriya, Bauran Pemasaran, Pemasaran Islami

Abstract

Istana Seni adalah satu-satunya produsen kriya souvenir khas Lampung di Kota Metro yang bertahan lebih dari sepuluh tahun. Rata-rata pertumbuhan Pendapatan produk kriya Istana Seni tahun 2016 hingga 2018 cenderung fluktuatif menurun kecuali tahun 2017 yang naik sebesar 14.51%. Adapun pertumbuhan Pendapatan Istana Seni secara berturut-turut adalah dari 11.25%, 14.51% dan 12.18%. Artinya pada akhir tahun 2018, turun dibandingkan tahun sebelum. Untuk mengantisipasi terjadinya penurunan pendapatan di tahun 2019, Istana Seni mereformulasi strategi pemasaran yang tepat dengan menfokuskan pada bauran pemasaran. Untuk menganalisa penerapan strategi pemasaran tersebut, peneliti menggunakan etika pemasaran Islami.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan sifat kualitatif deskriptif dengan mendeskripsikan data di lapangan melalui wawancara dan dokumentasi untuk mengetahui formulasi strategi pemasaran dengan menfokuskan bauran pemasaran yang digunakan Istana Seni untuk meningkatkan trend pendapatan. Untuk itu, peneliti mewawancarai Jalius sebagai pemilik, karyawan Istana Seni dan pembeli untuk mendapatkan gambaran mengenai formulasi strategi pemasaran yang didukung dokumen seperti data pendapatan selama beberapa tahun terakhir.

Hasil dari penelitian ini adalah Istana Seni menggunakan bauran pemasaran 7 P untuk meningkatkan pendapatan industri kriya Istana Seni. Adapun bauran pemasaran yang digunakan adalah product, price, place, promotion, process, people dan physical evidence, dengan titik fokus pada tiga bauran pemasaran yaitu bauran produk, bauran harga dan bauran promosi. Hasil yang dicapai adalah trend pendapatan di akhir tahun 2019 meningkat  tipis. Ditinjau dari prinsip pemasaran Islami, maka penerapan strategi pemasaran telah sesuai.

References

Ade Ismi Darmayani, Suharyono dan Yusri Abdillah. 2014. Strategi Pemasaran Kerajinan Buah Kering untuk Meningkatkan Nilai Ekspor (Studi Kasus pada UD. Indo Nature Lombok – Nusa Tenggara Barat). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 11 No. 1 Juni 2014. Malang. Universitas Brawijaya. Sumber : https://media.neliti.com/media/publications/82548-ID-strategi-pemasaran-kerajinan-buah-kering.pdf
Agung Wicaksono. 2017. Potensi Pengembangan Inovasi Desain Produk Kriya Kukm Indonesia Di Era Industri Kreatif Corak. Jurnal Seni Kriya Vol. 5 No.2, Nopember 2016-April 2017. Yogyakarta. ISI.
Bekraf. Infografis Persebaran Pelaku Ekonomi Kreatif”. Sumber : https://www.kemenparekraf.go.id/asset_admin/assets/uploads/media/pdf/media_1589834401_Info grafis_Sebaran_Pelaku_Ekonomi_Kreatif.pdf , diakses 11 Februari 2020 pukul 21.28 WIB
Cholid Narbuko dan Abu Achmadi. 2013. Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Ellin Herlina dan Nurul Hakiki. 2018. Etika Pemasaran Batik perspektif Islam : Studi Kasus CV. Hafiyan Desa Trusmi Kulon Kabupaten Cirebon. Jurnal Manajement 1 (ISSN 2337-4012), 177 - 198 vol: 1 tahun 2018. Cirebon. STIE Cirebon. Sumber : https://oaj.stiecirebon.ac.id/index.php/jem/article/view/14Elsa Catriana. Ini 3 Subsektor Ekonomi Kreatif Yang Jadi Penyumbang Terbesar PDB Indonesia”. Sumber : https://money.kompas.com/read/2020/08/30/151100526/ini-3-subsektor- ekonomi-kreatif-yang-jadi-penyumbang-terbesar-pdb-indonesia, diakses 11 Februari 2020.
Febryandi Bachri Prastyoko, Dahlan Fanani, M. Kholid Mawardi. 2016. Strategi Pemasaran Kerajinan Gerabah yang Berorientasi Ekspor Pada PT. Lombok Putri Cinderamata. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 30 No. 1 Januari 2016. Malang. Universitas Brawijaya. 2016. Sumber : https://www.neliti.com/id/publications/86557/strategi-pemasaran-kerajinan-gerabah-yang-berorientasi-ekspor-pada-pt-lombok-put
Hardani dkk. 2020. Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta. Pustaka Ilmu Cet 1.
Hendry Hartono, Karyana Hutomo, Marshelia Mayangsari. 2012. Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap Peningkatan Penjualan pada Perusahaan dengan Menetapkan Alumni dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara sebagai Objek Penelitian. Binus Business Review Vol. 3 No. 2 November 2012: 882-889. Sumber : https://journal.binus.ac.id/index.php/BBR/article/view/1271/1139
I Gde Yudiaris, I Made Nuridja, dan Kadek Rai Suwena. 2015. Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Pada CV. Puri Lautan Mutiara. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol. 5, No. 1 tahun 2015. Sumber : https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/5190
Laporan Badan Pusat Statistik Indonesia dalam https://www.bps.go.id/publication/
Muh Abdul Aziz. 2017. Produk Seni Nusantara dalam Konteks Ekonomi Kreatif. Jurnal Imaji Vol 15 No 1 April 2017.
Maisarah Leli. 2019. Strategi Pemasaran dalam Perspektif Islam. Jurnal At-Tasyri’iy : Jurnal Prodi Perbankan Syariah, Vol. 2, No. 1, 2019. Sumatera Barat. STAI Yaptip
Matthew B. Miles, A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta. UI-Press
M.Fauzani, Nurul Akramiah dan Bambang Sutikno. 2018. Analisis Swot dalam Penentuan Strategi Pemasaran Produk PT. Karunia Sentosa Plastik. Jurnal EMA : Ekonomi Manajemen Akuntansi Vol 2 No 2 Desember 2018. Jawa Timur. Fakultas Ekonomi Universitas Merdeka Pasuruan, Sumber : https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1980591
Muri Yusuf. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta.Kencana.
Mutia Rizky Nuraviva. 2014. Analisis Strategi Pemasaran UKM Penghasil Produk Kerajinan Akar Wangi (Studi Kasus Pada KUB Zocha Graha Kriya, Kabupaten Garut, Jawa Barat). Skripsi. Malang. Universitas Brawijaya, 2014. Sumber : https://core.ac.uk/download/pdf/290415446.pdf
Nurul Mubarok dan Eriza Yolanda Maldina. 2017. Strategi Pemasaran Islami dalam Meningkatkan Penjualan pada Butik Calista. Jurnal I-Economic. Vol.3. No 1. Juni 2017. Palembang. UIN Raden Fatah. Sumber : http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/ieconomics/article/view/1480
Syahrul. 2012. Marketing dalam Perspektif Hukum Islam, Jurnal Hukum Diktum. Vol 10 No 2 Tahun 2012. Sulawesi Selatan. IAIN Pare. Hlm. 188. Sumber : https://media.neliti.com/media/publications/285524-marketing-dalam-perspektif-hukum-islam-5f889d2c.pdf
Siti Balqies Indra. 2015. Pengaruh Biaya Pemasaran terhadap Pendapatan Pedagang Pengumpul Kelapa Butir (Cocos Nucifera, L) di Kecamatan Peureulak Barat Kabupaten Aceh Timur. AGRISAMUDRA Jurnal Penelitian Vol. 2 No. 1 Januari – Juni 2015. Sumber : https://ejurnalunsam.id/index.php/jagris/article/view/235
Sugiono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Timbul Rahardjo. 2011. Seni Kriya dan Kerajinan. Yogyakarta. Program Pascasarjana ISI Yogyakarta.

Downloads

Published

2022-01-21

How to Cite

Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Pendapatan Pada Industri Kriya Souvenir Khas Lampung ). (2022). Adzkiya : Jurnal Hukum Dan Ekonomi Syariah, 9(02), 169-182. https://doi.org/10.32332/adzkiya.v9i02.3807