Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Tingkat Penjualan (Studi Home Industry Roti Al Mustofa di Metro

Authors

  • Susi Wariyanti IAIN Metro
  • Liberty Liberty
  • Ani Nurul Imtihanah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro

DOI:

https://doi.org/10.32332/adzkiya.v9i02.3115

Keywords:

Marketing mix, Sales, Home Industry

Abstract

Abstrak
Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat bagaimana bauran pemasaran dalam meningkatan penjualan pada home industry Roti Al Mustafa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) dengan data-data yang dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan bersifat desktiptif-kualitatif melalui metode berfikir induktif, yaitu berpikir dari khusus ke umum yang berangkat dari informasi tentang bauran pemasaran pada home industry roti Al Mustafa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa home industry roti Al Mustafa telah menerapkan strategi bauran pemasaran melalui 4P yaitu dari segi produk dan harga roti Al Mustafa menciptakan produk yang berkualitas dengan harga yang terjangkau sehingga mampu menarik minat konsumen untuk melakukan pembelian ulang yang berimbaas pada peningkatan penjualan pada setiap varian roti. Dari segi tempat/saluran distribusi, dengan cakupan wilayah distribusi seperti Metro, Trimurjo, Punggur, Pekalongan dan Bandar Jaya sehingga belum mampu meningkatkan penjualan secara maksimal dikarenakan kurangnya perluasan wilayah pemasaran yang masih terfokus pada sekolah dan warung-warung. Dan dari segi promosi, roti Al Mustafa masih menggunaka sistem promosi yang sederhana yaitu melalui metode mulut ke mulut

Kata kunci: Bauran Pemasaran, Penjualan, Home Industry

Abstract
The purpose of this study is to see how the marketing mix in increasing sales at the Al Mustafa Bread home industry. This type of research is field research with data collected through interviews and documentation. The data analysis technique used is descriptive-qualitative through the method of inductive thinking, namely thinking from specific to general which departs from information about the marketing mix in the Al Mustafa bakery home industry. The results showed that the Al Mustafa bakery home industry has implemented a marketing mix strategy through 4P, namely in terms of products and prices of Al Mustafa bread, creating quality products at affordable prices so that they are able to attract consumers to make repeat purchases which lead to increased sales in each variant. bread. In terms of distribution places / channels, with coverage of distribution areas such as Metro, Trimurjo, Punggur, Pekalongan and Bandar Jaya so that they have not been able to increase sales maximally due to the lack of expansion of the marketing area which is still focused on schools and shops. And in terms of promotion, Al Mustafa bread still uses a simple promotion system, namely through the word of mouth method.

Keywords: Marketing Mix, Sales, Home Industry

References

Aidil Amin Effendy. “Analisis Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume
Penjualan Azka Toys Pamulang Tangerang Selatan.” Jurnal Ilmiah FEASIBLE:
Bisnis, Kewirausahaaan dan Koperasi, No. 1, Vol. 1 (2019).
Ambar. Wawancara Knsumen Roti Al Mustafa, 1 Desember 2020.
Buchari Alma. Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Alfabeta, 2013.
Dede Jajang Suyaman. Kewirausahaan dan Industri Kreatif. Bandung: Alfabeta, 2015.
Didik Sukyadi, Isah Cahyani, dan Riswanda Setiadi. Kewirausahaan (Untuk Pemelajar
Bahasa dan Seni). Cet. 1. Bandung: Basen Press, 2007.
Djamaluddin Karim, Jantje L. Sepang, dan Bode Lumanauw. “Marketing Mix
Pengaruhnya Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Manado Sejati Perkasa
Group.” Jurnal EMBA, No. 1, Vol. 2 (2014).
Donni Juni Priansa. Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Cet. 1.
Bandung: Pustaka Setia, 2017.
Fandry Nurcahyo. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume penjualan Pada
Restoran McDonald’s Delta Plaza Surabaya.” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen,
No. 4, Vol. 5 (2016).
Heri Supriyanto. Wawancara kepada Pemilik, 13 Juli 2020.
———. Wawancara kepada Pemilik, 1 Desember 2020.
Indriyo Gitosudarmo. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE, 2012.
Iwang Bayu Ardiansyah, Imam Suyadi, dan Edy Yulianto. “Upaya Peningkatan
Volume Penjualan Sepeda Motor Melalui Periklanan (Studi Pada Dealer Sepeda
Motor Yamaha Armada Pagora Jaya Tulungagung).” Jurnal Administrasi Bisnis
(JAB), No. 1, Vol. 15 (Oktober 2014).
Lilis Cucu Sumartini dan Dini Fajriany Ardining Tias. “Analisis Kepuasan Konsumen
Untuk Meningkatkan Volume PenjualanKedai Kopi Kala Senja.” Jurnal E-BIS,
No. 1, Vol. 3 (1 November 2019).
Loid. Wawancara Sales Roti Al Mustafa, 3 Desember 2020.
Marina Intan Pertiwi, Edy Yulianto, dan Sunarti. “Pengaruh Bauran Pemasaran
Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Baker’s King Donuts
dan Coffe di MX Mall Malang).” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), No. 1, Vol. 37
(2016).
| Susi Warianti, Liberty, Ani Nurul Imtihanah
ADZKIYA | SEPTEMBER 2021
168
Muhammad Anwar Fathoni. “Konsep Pemasaran dalam Perspektif Hukum Islam.”
Jurisdictie: Jurnal Hukum dan Syariah, No. 1, 9 (2018).
Pandji Anaroga. Manajemen Bisnis. Cet. 4. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
Rina Rachmawati. “Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Peningkatan
Penjualan (Sebuah Kajian terhadap Bisnis Restoran).” Jurnal Kompetensi Teknik,
No. 2, Vol. 2 (2014): 144.
Rudi Yanto. “Peningkatan Volume Penjualan Melalui Syirkah pada Usaha Jati Ukir
Mebel Solawat Nabi (Study Kasus Desa Hargomulyo).” Sekolah Tinggi Agama
Islam Negeri (STAIN) Jurai Siwo Metro, 2016.
Sofjan Assauri. Manajemen Pemasaran Dasar Konsep dan Strategi. Jakarta: Rajawali Pers,
1992.
Sugiyono. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta, 2013.
Theresia Pradiani. “Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap
Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan.” JIBEKA Vol. 11
(2017).
Vina. Wawancara Konsumen Roti Al Mustafa, 1 Desember 2020.
Zainal Abidin Umar. “Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume
Penjualan Ikan Tuna Olahan Pada PT Betel Citra Seyan Gorontalo.” Jurnal
Inovasi, No. 1, 9 (2012)

Downloads

Published

2022-01-21