Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Oleh Pengrajin Patung Di Dusun Lemahdadi, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul

Authors

  • Ahmad Hazaz Syarif
  • Fahri Alia UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32332/adzkiya.v8i1.2191

Keywords:

Pemberdayaan, Ekonomi, Pengrajin Patung

Abstract

Pemberdayaan masyarakat adalah salah satu cara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui pengembangan sumber daya manusia, yang akan mampu merubah nasib mereka yang tadinya kurang berdaya menjadi berdaya dan sejahtera. Seperti yang dilakukan para pengrajin patung di Dusun Lemahdadi yang memberdayakan sumber daya manusia dengan maksimal sehingga terciptanya sebuah Dusun yang menjadi sentra Kerajinan Patung.

Dalam penelitian ini akan dikaji tentang pemberdayaan ekonomi masyarakat oleh pengrajin patung di Dusun Lemahdadi, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul. Penelitian ini bertujuan: 1) Mendeskripsikan proses pemberdayaan ekonomi masyarakat yang dilakukan oleh Pengrajin patung di Dusun Lemahdadi, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul. 2) Mendeskripsikan dampak positif dari pemberdayaan ekonomi yang dilakukan oleh Pengrajin patung di Dusun Lemahdadi, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul. Adapun rumusan masalanya ada 2 yaitu : 1) Bagaimana Proses pemberdayaan ekonomi masyarakat yang dilakukan oleh Pengrajin Patung di Dusun Lemahdadi, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul. 2) Bagaimana dampak dari pemberdayaan ekonomi masyarakat yang dilakukan oleh Pengrajin Patung terhadap masyarakat di Dusun Lemahdadi, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pemberdayaan ekonomi masyarakat oleh pengrajin patung di Dusun Lemahdadi memiliki empat proses, yaitu Pertama, membuat perencanaan usaha mandiri. Kedua, proses perekrutan pekerja. Ketiga menentukan tujuan yaitu meningkatkan perekonomian masyarakat Lemahdadi, Ketiga, proses pendidikan. Terakhir adalah proses evaluasi. Adapun dampak dampak pemberdayaan ekonomi masyarakat yang muncul dalam penelitian ini adalah berkurangya pengangguran, pendapatan bertambah dan terjalin kemitraan yang erat, serta munculnya wirausahawan baru disekitar sanggar budaya

References

Aziz, Abdul, Integrasi Pekerjaan Sosial, Pengembangan Masyarakat dan Pemberdayaan Masyarakat (tinjauan Aksi Sosial menuju Pembangunan dan Perubahan Sosial), Yogyakarta: Semesta Ilmu, 2016.
Aziz Muslim, Dasar-dasar Pengembangan Masyarakat, Yogyakarta, Samudra Biru, 2012.
Basrowi dan Suwandi, Memahami Penelitian Kualitatif, Jakarta:Rineka Cipta, 2008.
Bungin, Burhan, Metodologi Penelitian Sosial: Format Kuantitatif dan Kualitatif, Surabaya: Airlangga University, 2001.
Eric, Shragge, Pengorganisasian Masyarakat untuk Perubahan Sosial, Yogyakarta : Graha Ilmu, 2013.
Gunawan, Sumodiningrat, Membangun Perekonomian Rakyat, Yogayakarta : Pustaka pelajar, 1998.
Jim Ife dan Frank Tesoriere, Alternatif Pengembangan Masyakat di Era Globalisasi : Community Development, terj. Sastrawan Manulang dkk, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2008.
Kesi Widjajanti, Model Pemberdayaan Masyarakat, Jurnal Ekonomi Pembangunan Volume 12, Nomor 1, Juni 2011


Mardi yatmo hutomo, Pemberdayaan Masyarakat dalam Bidang Ekonomi : Tinjauan Teoritik dan Implementasi, Jurnal Naskah No. 20, Juni-Juli 2000.
Muslim, Aziz, Metodologi Pengembangan Masyarakat, Yogyakarta: Bidang Akademik UIN Sunan Kalijaga, 2008. Musa, Asy’arie, Islam Etos Kerja dan Pemberdayaan Masyarakat Ekonomi Umat, Yogyakarta: LESFI, 1997.
Michael Quinn Patton, Metode Evaluasi Kualitatif, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2009.
M Djunaidi Ghony dan Fauzan Almashur, Metode Penelitian Kualitatif, Jogjakart:Ar-Ruzz Media, 2012.
Phajar Hatma Indra Jaya, trickle down effect : strategi alternatif dalam pengembangan Masyarakat, Jurnal Welfare State Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Vol.1, No.1, Januari-Juni 2012.
Sabirin, Pemberdayaan Masyrakat Berbasis Kearifan Lokal, Yogyakarta:Samudra Biru, 2015.
Sudrajad, Kiat Mengentaskan Pengangguran Dan Kemiskinan Melalui Wirausaha, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Soetomo, Strategi-strategi Pembangunan Masyarakat, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2013.

Downloads

Published

2020-07-08