KONTRIBUSI PAJAK DAN RETRIBUSI PARKIR TERHADAP PAD KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2014-2018 DALAM EKONOMI ISLAM

Authors

  • Ulul azmi

DOI:

https://doi.org/10.32332/adzkiya.v8i1.2007

Keywords:

Pajak, retribusi, PAD, Islam

Abstract

Abstrak

 

Pajak dan retribusi parkir sebagai salah satu pendapatan PAD  suatu  daerah  sebagai program daerah yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah. Munculnya target tersebut tidak terlepas dengan adanya konsep bahwa Pendapatan Asli Daerah mencerminkan kemandirian dalam pengelolaan anggran APBD suatu daerah. Tujuan dalam penelitian ini adalah ingin melihat kontribusi pajak dan retribusi parkir terhadap PAD di kota Bandar Lampung periode 2014-2018 serta mengetahui pengaruh pajak dan retribusi parkir terhadap pendapatan asli daerah dalam prespektif ekonomi Islam.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif.  Data yang digunakan adalah data sekunder tahun  2014-2018.  Sedangkan  teknik  pengumpulan data di penelitian ini adalah metode studi pustaka, dokumentasi, serta wawancara.

Penelitian ini menghasikan Kontribusi pajak dan retribusi parkir  terhadap PAD Kota Bandar Lampung tahun 2014-2018 sangat kurang dengan rasio kontribusi rata-rata persentase 1,67% untuk Pajak Parkir dan 1,03%  untuk  Retribusi  Parkir.  Dalam Ekonomi Islam pajak parkir dan retribusi parkir dapat dialokasikan  sesuai  dengan  prinsip Islam sesuai dengan prinsip syariah yaitu keadilan, tanggungjawab serta transparasi sehingga kontribusi yang didapatkan mencapai sebuah tujuan yang berdasarkan apa yang direncanakan dan apa yang diharapkan untuk kemaslahatan bersama.

Downloads

Published

2020-07-14