Pendampingan Pendidikan Karakter di Pesantren: Pemberdayaan untuk Generasi Unggul dan Beretika

Authors

  • Khotijah Khotijah Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia
  • Muhammad Syihab As’ad School of Education, Monash University Australia
  • Sri Andri Astuti Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32332/bma1f197

Abstract

Artikel ini mengkaji pendampingan implementasi program pendidikan karakter di Pesantren Inklusi Tri Bhakti Al Qudwah Metro sebagai upaya pemberdayaan membentuk generasi unggul dan beretika. Fokus utama dari program ini adalah membentuk karakter santri melalui pendekatan pendidikan inklusif yang mengintegrasikan pendidikan formal dan non-formal, mencakup santri difabel dan non-difabel. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini menggunakan Partisipatory Action Research dengan melibatkan partisipasi santri, pengajar, dan orang tua untuk mengevaluasi efektivitas program dalam meningkatkan kesadaran terhadap keberagaman, memperkuat nilai-nilai moral dan etika, serta membekali santri dengan keterampilan praktis yang relevan. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa program ini berhasil meningkatkan empati, toleransi, dan tanggung jawab di kalangan santri. Namun, ditemukan tantangan dalam penyesuaian metode pengajaran dan dukungan kewirausahaan yang memerlukan peningkatan. Artikel ini merekomendasikan penguatan integrasi pendidikan formal dan non-formal, serta peningkatan pelatihan bagi pengajar untuk meningkatkan efektivitas program pendidikan karakter di pesantren.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

28-08-2024

How to Cite

Pendampingan Pendidikan Karakter di Pesantren: Pemberdayaan untuk Generasi Unggul dan Beretika. (2024). DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 101-110. https://doi.org/10.32332/bma1f197