Pendampingan Pendidikan Karakter di Pesantren: Pemberdayaan untuk Generasi Unggul dan Beretika
DOI:
https://doi.org/10.32332/bma1f197Abstract
Artikel ini mengkaji pendampingan implementasi program pendidikan karakter di Pesantren Inklusi Tri Bhakti Al Qudwah Metro sebagai upaya pemberdayaan membentuk generasi unggul dan beretika. Fokus utama dari program ini adalah membentuk karakter santri melalui pendekatan pendidikan inklusif yang mengintegrasikan pendidikan formal dan non-formal, mencakup santri difabel dan non-difabel. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini menggunakan Partisipatory Action Research dengan melibatkan partisipasi santri, pengajar, dan orang tua untuk mengevaluasi efektivitas program dalam meningkatkan kesadaran terhadap keberagaman, memperkuat nilai-nilai moral dan etika, serta membekali santri dengan keterampilan praktis yang relevan. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa program ini berhasil meningkatkan empati, toleransi, dan tanggung jawab di kalangan santri. Namun, ditemukan tantangan dalam penyesuaian metode pengajaran dan dukungan kewirausahaan yang memerlukan peningkatan. Artikel ini merekomendasikan penguatan integrasi pendidikan formal dan non-formal, serta peningkatan pelatihan bagi pengajar untuk meningkatkan efektivitas program pendidikan karakter di pesantren.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Khotijah Khotijah, Muhammad Syihab As’ad, Sri Andri Astuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All articles in the DEDIKASI can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (DEDIKASI). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.