Pemberdayaan Siswa dalam Upaya Pencegahan Pelecehan Seksual Berbasis Nilai-Nilai Islam
DOI:
https://doi.org/10.32332/f5angp96Abstract
Pelecehan seksual di kalangan remaja, khususnya di sekolah menengah, merupakan masalah serius yang membutuhkan perhatian. Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan kesadaran siswa tentang pelecehan seksual melalui sosialisasi berbasis perspektif Islam di SMA NW Suralaga, Lombok Timur. Analisis dilakukan terhadap pemahaman siswa sebelum dan sesudah sosialisasi serta dampaknya terhadap sikap mereka. Sosialisasi berlangsung pada 11 November 2024, melibatkan kurang dari 100 siswa, dengan metode penyajian materi, diskusi kelompok, serta kuesioner pre-test dan post-test. Hasilnya menunjukkan peningkatan pemahaman siswa secara signifikan, dari skor pre-test 40–60 menjadi mayoritas di atas 80 setelah sosialisasi. Temuan ini menegaskan efektivitas pendekatan edukatif berbasis nilai Islam dalam menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan setara. Kegiatan ini juga menumbuhkan empati serta tanggung jawab sosial siswa. Implikasi pengabdian ini menunjukkan pentingnya edukasi seksual dalam kurikulum atau melalui sosialisasi dengan melibatkan para ahli dan komunitas peduli pencegahan pelecehan seksual.
Kata kunci: Pelecehan seksual, Edukasi seksual, Perspektif Islam, Sosialisasi.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Baiq Nova Sopiana, Baiq Septiana Maya Latri, Baiq Qolbuna Salima, Amelia Pebriyanti, Ririn Umratu, Siti Nur Khaerani, Agus Kurnia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All articles in the DEDIKASI can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (DEDIKASI). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.