The Exploration Of Early Childhood Science Through Daily Equipment: A Study At Nurul Huda Yapis Kindergarten, Keerom Regency

Penulis

  • Ayu Pratamawati ,

DOI:

https://doi.org/10.32332/vt4md370

Kata Kunci:

Perlengkapan Hidup, Sains, Anak Usia Dini, Keerom

Abstrak

Artikel ini bertujuan menjelaskan penggunaan perlengkapan hidup sehari-hari untuk mengajarkan sains yang berkaitan dengan materi volume, terapung, tenggelam dan larutan guna meningkatkan pemahaman tentang konsep ilmiah, partisipasi aktif, dan keterampilan praktis anak-anak usia dini. Artikel ini mengedepankan pendekatan kualitatif, dalam pengumpulan dan analisis data, dengan melihat langsung aktifitas pembelajaran serta melakukan wawancara secara mendalam dengan para guru TK Nurul Huda Yapis Kabupaten Keerom yang datanya kemudian disandingkan dengan literatur-literatur yang ada untuk memperkaya analisis. Artikel ini menemukan 3 hal: Pertama, penggunaan perlengkapan hidup sehari-hari didalam praktikum sains memberi kesempatan kepada anak-anak untuk mengalami pembelajaran yang lebih konkret dan interaktif. Kedua, penggunaan perlengkapan hidup dalam kegiatan belajar sains mampu meningkatkan keterlibatan anak-anak untuk mengembangkan keterampilan praktis yang penting. Ketiga, perlengkapan hidup sehari-hari yang digunakan mudah ditemukan dan aman, sehingga kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan risiko minimal. Secara keseluruhan, penggunaan perlengkapan hidup sehari-hari dalam pembelajaran sains di TK Nurul Huda Yapis tidak hanya memperkaya pemahaman akademis tetapi juga mendukung perkembangan holistik anak-anak, mempersiapkan mereka untuk pembelajaran yang lebih mendalam di masa depan.

Diterbitkan

2024-12-29