Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengingat Kosakata Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Gerak Dan Lagu

Penulis

  • Zahra Nursyahadati Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Yuyun Yulianingsih Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung ,
  • Syam'iyah Syam'iyah ,

DOI:

https://doi.org/10.32332/ijigaed.v4i1.8220

Kata Kunci:

Metode Gerak dan Lagu, Kemampuan Mengingat, Kosakata Bahasa Arab, Anak Usia Dini

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah kemampuan mengingat kosakata bahasa arab pada anak usia dini yang belum berkembang secara optimal, oleh karena itu diperlukan suatu metode menarik yang dapat membantu perkembangan anak secara efektif, salaah satunya yaitu metode gerak dan lagu yang dapat memudahkan anak memberikan rangsangan atau informasi berisi materi pembelajaran serta melatih konsentrasinya melalui kegiatan bernyanyi sambil bergerak sesuai irama lagu. Tujuan peneilitian ini ilaah untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan mengingat kosakata bahasa arab pada anak setelah diterapkan metode gerak dan lagu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas kolaboratif, dengan subjek berjumlah 16 orang anak. Berdasarkan hasil analisis penelitian awal sebelum diterapkan metode gerak dan lagu, kemampuan mengingat kosakata bahasa arab anak memiliki nilai rata-rata 37%. Kemudian, setelah diterapkan metode gerak dan lagu, terdapat peningkatan yang signifikan pada kemampuan mengingat kosakata bahasa arab pada anak usia dini, yaitu: (siklus I) nilai rata-rata presentase sebesar 52%, dan (siklus II) nilai rata-rata presentase meningkat menjadi 76%. Dengan demikian, terbukti bahwa metode gerak dan lagu dapat meningkatkan kemampuan mengingat kosakata bahasa arab pada anak usia dini.

Diterbitkan

2023-12-31