Peningkatan Kemampuan Bahasa Dalam Pembelajaran Iqro Melalui Permainan Kartu Hijaiyah Pada Anak 4-5 Tahun Di Ra Darul Hikmah Gunung Gerbang Bantur
DOI:
https://doi.org/10.32332/ijigaed.v3i2.6541Kata Kunci:
Kemampuan Bahasa, Pembelajaran Iqro, Permainan, Kartu HurufAbstrak
Mengenal Al-Qur’an sejak usia dini dapat di mulai dengan belajar mengenal huruf hijaiyah sebagai dasar pembelajaran Al-Qur’an. Berdasarkan observasi sebagian besar anak masih kesulitan membaca huruf hijaiyah. Sehingga, peneliti menciptakan teknik permainan yang menunjang kemampuan bahasa anak melalui media kartu huruf. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan proses pembelajaran bahasa (iqro’) dan hasil peningkatan kemampuan membaca dalam pembelajaran iqro’ melalui permainan kartu huruf pada anak usia 4-5 tahun di RA Darul Hikmah Gunung Gebang Kec. Bantur Kab. Malang. Kajian metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (Action Research). Tahapan setiap siklus melalui proses planning, action, observation, dan reflection. Temuan data yang akan ditingkatkan meliputi siklus I tahap mengenal dan menghafal huruf hijaiyah, dan siklus II menyebutkan huruf hijaiyah secara acak serta menelaah dan mengurutkan bentuk yang berbeda dari huruf hijaiyah sebagai proses evaluasi. Hasil akhir penelitian pada siklus I mencapai 60%, kemudian siklus II mencapai 87%, artinya teknik permainan kartu huruf hijaiyah terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa media huruf hijaiyah dengan teknik permainan mampu meningkatkan hasil kemampuan membaca secara signifikan. Sehingga, saran penerapan yang diharapkan dapat menjadi tolak ukur peneliti untuk mengembangkan media kartu huruf secara kreatif dan inovatif untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak .
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License