Pengaruh Penerapan Metode Bercerita Melalui Buku Cerita Bergambar Terhadap Konsentrasi Belajar Anak

Penulis

  • Yuniarti Yuniarti Universitas Muhammadiyah Pontianak ,
  • Noviana Rafikah Universitas Muhammadiyah Pontianak ,
  • Sutrisno Sutrisno Universitas Muhammadiyah Pontianak ,

DOI:

https://doi.org/10.32332/ijigaed.v4i1.7985

Kata Kunci:

Metode, Bercerita, Cerita Bergambar, Konsentrasi

Abstrak

Penelitian ini di dasari oleh kesulitan anak berkonsentrasi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi belajar pada anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan metode bercerita melalui buku cerita bergambar. Pelaksanaan metode pembelajaran yang digunakan dengan metode bercerita tanpa menggunakan media yang menarik dan bervariasi, membuat peserta didik kurang tertarik dan antusias dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini tersebut menyebabkan peneliti tertarik untuk memberikan metode bercerita melalui buku cerita bergambar untuk membantu perkembangan konsentrasi belajar anak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan rancangan bentuk desain Pra-Exspremental Design (non-design). Pengambilan sampel menggunakan teknik scoring pada lembar checklist pre-test dan pos-test, sampel penelitian terdiri dari kelas B4 dengan jumlah 17 orang anak. Teknik pengumpulan data dengan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data uji normalitis dan hipotesisi Uji t (taraf nyata) dengan menggunakan SPSS versi 25. Hasil analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat dilihat dari nilai sig (2-tailed) = 0,000 sedangkan 0,05 (0.00<0,05) maka Ha di terima dan Ho di tolak dengan perbandingan rata-rata pre-test 5, dan pos-test 8,23. Dapat disimpulkan bahwa konsentrasi belajar anak kelas B4 terdapat pengaruh yang signifikan dengan metode bercerita melalui buku cerita bergambar terhadap konsentrasi belajar anak di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Pontianak Selatan.

Diterbitkan

2023-11-13