Journal History
Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro. Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan diterbitkan sebagai upaya untuk mendiseminasikan kajian ilmiah yang berupa hasil-hasil penelitan, book review yang terkait dengan pendidikan agama Islam.
Sekretariat Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan beralamatkan di Rumah Jurnal IAIN Metro, Jl. Ki Hajar Dewantara, 15 A Iring Mulyo, Kota Metro, Lampung. International Standard Serial Number (ISSN) Akademika Jurnal Pemikiran Islam adalah 0854-9710 dan Electronic International Standard Serial Number (E-ISSN) Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan masih dalam proses penerbitan.
Alamat OJS Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan pada bulan September 2016 mengalami pembaharuan dari perubahan dari http://stainmetro.ac.id/e-journal/index.php/ tarbawiyah menjadi http://journal.stainmetro.ac.id/index.php/tarbawiyah. Hal ini disebabkan oleh beberapa aplikasi di alamat OJS awal mengalami kerusakan sistem akibat virus. Selanjtnya, per tanggal 2 Februari 2017 migrasi ke http://e-journal.metrouniv.ac.id/ index.php/tarbawiyah hal ini berkaitan juga dengan peralihan Status STAIN Jurai Siwo Metro menjadi IAIN Metro.
Pengelolaan Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan difasilitasi oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro dengan baik, indikator ini dapat dilihat dari fasilitas yang dimiliki oleh Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan Di antara fasilitas tersebut adalah kantor tersendiri, ruang sidang, perangkat komputer yang terhubung dengan internet 24 jam, ruang kerja yang nyaman, dan ATK yang memadai.
Visi, Misi, dan Tujuan
Visi
“Menjadi salah satu bahan rujukan yang berreputasi dan terakreditasi dalam bidang ilmu pendidikan, dalam skala nasional dan internasional.”
Misi
  1. Sebagai media pencerahan ilmu pendidikan dalam memecahkan masalah-masalah pendidikan.”
  2. Memvisualisasikan dan mempublikasikan karya-karya ilmiah tentang pendidikan dalam pada setiap edisi yang diterbitkan Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan.
  3. Tema-tema yang dijadikan dalam setiap edisi mencerminkan sebuah komitmen pencarian solusi dari dinamika pendidikan yang berdimensi ilmu pendidikan Islam.
Tujuan
Penerbitan jurnal lebih dimaksudkan untuk menjaga komitmen lembaga terhadap ilmu yang digelutinya, sehingga penerbitan jurnal lebih merupakan upaya peningkatan institutional image. Keberadaan Jurnal Ilmiah dalam suatu lingkungan Perguruan Tinggi merupakan sebuah upaya untuk membangun citra dan komitmen keilmuan lembaga tersebut dalam usaha mensosialisasikan gagasan-gagasan yang brilian, agar suatu ilmu dapat berkembang sesuai kebutuhan dan perkembangan zaman. Dalam hal ini, Jurnal Ilmiah bukanlah sekedar sarana latihan bagi SDM yang ada dalam suatu Perguruan Tinggi, tapi lebih merupakan sarana pengembangan dan aktualisasi diri dalam suatu komitmen keilmuan yang telah menjadi bagian hidupnya.
Focus and Scope
Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan merupakan Jurnal yang khusus memuat tulisan ilmiah berbasis pada ilmu pendidikan. Diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.
Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan merupakan terbitan berkala ilmiah yang memuat artikel-artikel tentang ilmu-ilmu pendidikan yang bersifat tematis dengan berbagai pendekatan dalam lingkup studi Islam. Jurnal diterbitkan dalam bentuk cetak dan online.
Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro. Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan diterbitkan sebagai usaha untuk sosialisasi kajian ilmiah pendidikan yang berupa hasil-hasil penelitan terkait dengan pendidikan.
Peer Review Process
Setiap naskah yang masuk akan diperiksa dan diseleksi oleh Editorial Team berdasarkan kesesuaian bidang penelitian dan memperhatikan kesesuaian dengan template naskah serta pedoman penulisan Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan. Naskah yang dinilai layak akan dikembalikan kepada penulis untuk dilakukan perbaikan atau langsung diserahkan kepada mitra bestari (reviewer). Naskah yang masuk dan layak akan diperiksa oleh 2-6 orang reviewer.
Publication Frequency
Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan terbit dua kali dalam setahun. Call for paper untuk tiap edisi khususnya nomor 1 sampai 15 Februari dan untuk nomor 2 sampai 15 Agustus. Naskah yang terbit merupakan naskah yang terbaik hasil seleksi yang sangat ketat.
Open Access Policy
Jurnal ini menyediakan akses terbuka. Artinya, setiap hasil riset di dalam jurnal ini bisa diakses oleh siapa saja dan di mana saja secara gratis. Oleh sebab itu, jurnal ini dapat mensupport pertukaran karya ilmiah dan pengetahuan secara global.
Archiving
OJS sistem LOCKSS berfungsi sebagai sistem pengarsipan terdistribusi antar-perpustakaan yang menggunakan sistem ini dengan tujuan membuat arsip permanen (untuk preservasi dan restorasi).
Online Submissions
Tertarik dalam menyerahkan ke jurnal ini? Kami merekomendasikan bahwa Anda memeriksa halaman tentang jurnal jurnal bagian kebijakan, serta pedoman penulis. Penulis perlu untuk mendaftar dengan jurnal sebelum mengirimkan atau, jika sudah terdaftar, dapat hanya login dan memulai proses lima langkah.
Author Guidelines
Para penulis Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan agar menuliskan bibliografinya dengan format layout naskah yang standar untuk naskah yang akan dimasukkan ke jurnal. Para penulis wajib menggunakan OJS Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan IAIN Metro dengan mendaftar sendiri di menu yang tersedia. Naskah diwajibkan menggunakan manajer referensi untuk model catatan kaki dan daftar pustaka yaitu Zotero atau Mendeley.
Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan dalam pengiriman naskah, publikasi, download, print, membaca, dan membagikan ke pihak lain tidak dikenakan biaya. Adapun untuk proses terjemah, kirim hardcopy, biaya transfer honor penulis, dan lainnya dikenakan biaya sesuai situasi dan kondisi.
Submission Preparation Checklist
Sebagai bagian dari proses pengajuan, penulis diwajibkan untuk memeriksa tentang penyerahan mereka sesuai dengan semua item berikut atau tidak, dan pengiriman akan dikembalikan kepada penulis yang tidak mengikuti pedoman ini.
  1. Gagasan sesuai dengan tema yang diangkat.
  2. Perorangan atau kelompok yang terdiri dari 2-3 orang.
  3. Karya diutamakan berupa hasil penelitian.
  4. Karya bersifat asli, bukan plagiasi, dan belum pernah diterbitkan/dipublikasikan dalam bentuk apapun.
  5. Penulisan sesuai dengan format yang telah ditentukan.
  6. Mengisi biodata penulis dan surat pernyataan keaslian naskah, bukti fisik wajib dikirim via pos atau jasa ekspedisi lainnya dan formatnya dapat diunduh di https://goo.gl/UYphm3
  7. Naskah wajib mensitasi minimal 3 jurnal nasional terakreditasi dan 10 jurnal nasional belum terakreditasi.
  8. Peserta yang lolos terbit di jurnal akan mendapatkan hardcopy jurnal sebanyak 2 eksemplar.
  9. Berkas Naskah Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan dikirim dalam bentuk Softcopy melalui email: jurnaltarbawiyahiainmetro@gmail.com paling lambat sesuai deadline di atas.
Copyright Notice
Seluruh artikel dalam Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan dapat disebarluaskan dengan syarat tetap mencantumkan identitas artikel dan sumber artikelnya (Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan). Penerbit tidak bertanggung jawab terhadap isi artikel. Isi artikel merupakan tanggungjawab penuh penulis.
Privacy Statement
Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.
Publisher
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro
About this Publishing System
This journal uses Open Journal Systems 3, which is open source journal management and publishing software developed, supported, and freely distributed by the Public Knowledge Project under the GNU General Public License.
Mailing Address
Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan
Rumah Jurnal IAIN Metro
Jl. Ki Hajar Dewantara Kampus 15A Iringmulyo Kota Metro Lampung 34111.
E-mail: jurnaltarbawiyahiainmetro@gmail.com  HP: 081379416885
Principal Contact
Ahmad Muzakki, M.Pd.I
Institut Agama Islam Negeri Metro
Jl. Ki Hajar Dewantara 15 A. Iring Mulyo, Kota Metro, Propinsi Lampung, 34111, HP: 081379416885 Email: muzakkiahmad81@gmail.com
Support Contact
Umar, M.Pd.I
Institut Agama Islam Negeri Metro
Jl. Ki Hajar Dewantara 15 A. Iring Mulyo, Kota Metro, Propinsi Lampung, 34111, HP:
08127242067 Email: umariainmetro@gmail.com