Gerakan Ekonomi Kreatif Clothing dalam Kampanye Dukungan Membela Muslim Rohingya

Main Article Content

Lukman Hakim

Abstract

Berdasarkan data dari survei dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Badan Pusat Statistik (BPS) merilis bahwa sektor Ekonomi Kreatif menyumbang 7,38% terhadap total perekonomian nasional tahun 2016. Sementara itu sektor fesyen berkontribusi sebanyak 18,15% atau nomor dua setelah kuliner. Penelitian ini akan mengkaji tentang ekonomi kreatif yang berkaitan dengan fesyen di Kota Metro. Salah satu clothing di Kota Metro, Om Kaos bekerjasama dengan Lembaga Amil Zakat Baitul Maal wat Tamwil Adzkia Khidmatul Ummah (LAZAKU) membuat gerakan Kaos “Rohingya Need Your Help”. LAZAKU adalah Lembaga Amil Zakat Adzkia Khidmatul Ummah (BMT AKU Adzkia) kantor pusat BMT AKU di pasar 24 Metro, kantor Lazaku di 21 Metro belakang SMANSA, menerima donasi wakaf, infaq, sedekah untuk program sosial yang ada di Lazaku, salah satunya Baksoskes, wakaf 1000 Al Qur'an, Aku Foundation bagi pelajar berprestasi tak mampu, Sekolah Saudagar Syariah, dan lain-lain. Om Kaos Kota Metro sebagai usaha clothing memberikan harga modal kepada LAZAKU, kemudian LAZAKU sebagai pihak yang memasarkan dan menjual kaos. Semua modal dan hasil penjualan kaos ini akan diberikan untuk rakyat muslim Rohingya yang ada di Myanmar sebagai bentuk solidaritas kemanusian.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
HAKIM, Lukman. Gerakan Ekonomi Kreatif Clothing dalam Kampanye Dukungan Membela Muslim Rohingya. Nizham Journal of Islamic Studies, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 167-184, dec. 2017. ISSN 2541-7061. Available at: <http://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/nizham/article/view/994>. Date accessed: 20 feb. 2018.
Section
Articles