Dampak Eksploitasi SDA Terhadap Kesejahteraan Masyarakat dalam Pandangan Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Tambang Galian C Di Kecamatan Pasir Sakti. Lampung Timur)

Main Article Content

Anas Malik

Abstract

Lampung Timur merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Lampung yang mempunyai potensi Sumber Daya Alam yang sangat besar terutama bahan tambang mineral bukan batu dan logam. Yaitu berupa potensi pasir kuarsa (galian C) yang terdapat di Kecamatan Pasir Sakti sebesar 100.000.0000 M³, Kegiatan eksploitasi merupakan kegiatan utama industri tambang, yaitu kegiatan menggali, mengambil, atau menambang bahan galian yang telah jadi sasaran atau rencana sebelumnya. Islam melarang kegiatan eksploitasi secara besar-besaran yang tidak memperhatikan etika akan berakibat rusaknya lingkungan yang ada di sekitar pertambangan dan akan berdampak juga terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat di sekitar lingkungan. Dengan melimpahnya sumber daya alam yang dimiliki Kecamatan Pasir Sakti, tidak berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, peran etika bisnis Islam berperan penting dalam menjaga lingkungan dari aktivitas pertambangan yang merusak lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
MALIK, Anas. Dampak Eksploitasi SDA Terhadap Kesejahteraan Masyarakat dalam Pandangan Etika Bisnis Islam. Nizham Journal of Islamic Studies, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 58-76, dec. 2017. ISSN 2541-7061. Available at: <http://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/nizham/article/view/990>. Date accessed: 20 feb. 2018.
Section
Articles