PERUBAHAN MASYARAKAT DAN PERUBAHAN TUNTUTAN TERHADAP PENDIDIKAN

Authors

  • muhajir muhajir

DOI:

https://doi.org/10.32332/ath_thariq.v2i1.1077

Keywords:

Perubahan Masyarakat;, Perubahan Tuntutan;, Pendidikan

Abstract

Masyarakat Indonesia sekarang berada dalam suatu era yang disebut era reformasi, di era reformasi lahir grassroot revolusi sosial yang merupakan suatu korelasi nilai-nilai budaya yang ingin mewujudkan suatu masyarakat yang demokratis. Perubahan kondisi masyarakat saat ini dengan runtuhnya rezim orde baru telah melahirkan suatu visi yang baru mengenai kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera yaitu adanya pengakuan HAM. Pendidikan nasional juga ikut terseok-seok dilanda krisis dan berbagai permasalahan yang terjadi di dunia pendidikan. Perubahan tuntutan terhadap pendidikan bersifat dinamis, fleksibel sehingga dapat menyerap perubahan-perubahan yang cepat perkembangan ilmu dan teknologi dengan memperhitungkan kendala-kendala pendidikan nasional yaitu sangat sentraistik, birokratis dan matinya inovasi. Lahirnya suatu generasi baru “The Net-Generation” (generasi internet) harus disikapi dengan positif, sehingga masyarakat generasi ini dapat berkembang dengan optimal kemampuannya yang mengarah pada kemajuan bangsa dan negara Indonesia. Profesionalitas guru harus ditingkat kompetensinya dengan penguasaan TI (Teknologi Informasi) sehingga guru tidak GATEK (Gagap Teknologi) tetapi harus dapat menggunakan teknologi dalam mendukung proses pembelajaran

References

Ardhana W, 1997. Tantangan Pembelajaran Abad 21. Makalah.
Dimyati, Muhammad. 1988. Landasan Kependidikan. Suatu Pengantar Pemikiran Keilmuan Tentang Kegiatan Pendidikan. DEPDIKBUD: Jakarta.
Soekanto, Soerjono. 1982. Sosiologi Suatu Pengantar.
Tilaar. 2002. Membenahi Pendidikan Nasional. Rineka Cipta; Jakarta.
----------.2005. PP No. 19 Tahun 2005. Standar Nasional Pendidikan (SNP).
----------. 2005. UU Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003.

Published

2018-07-11

Issue

Section

Articles